Thursday, August 23, 2012

10 hal untuk resolusi kehidupan


10 hal yang dapat kita lakukan untuk membantu diri kita berada di sebuah pola pikir, yang nantinya bermanfaat sebagai bekal perubahan positif, sebagaimana dikutip dari CNN.com.

1. Tetapkan tujuan yang lebih kecil dengan langkah-langkah kecil. Langkah-langkah kecil yang bertahap memotivasi orang ke arah perubahan yang lebih besar, kata Susan Nolen-Hoeksema, profesor psikologi di Yale University dan penulis buku The Power of Women. Misalnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus mengubah aspek kecil dari pola makan. Tuliskan langkah-langkah yang akan diambil dalam sebuah agenda untuk dijadikan batasan.

2. Bingkai tujuan Anda secara positif. Jika Anda memiliki rencana berhenti melakukan sesuatu, belajarlah berpikir aspek-aspek positif jika tidak melakukannya.

3. Belajar melihat pro dan kontra. Ini dapat membantu Anda untuk memperoleh kejelasan tentang apa yang diinginkan untuk berubah dan mengapa Anda ingin mengubahnya.

4. Mengetahui resolusi teman. Mengetahui bahwa orang lain bekerja untuk menuju tujuan yang sama, atau mendukung usaha Anda, dapat membantu menjaga motivasi. Perencanaan untuk sebuah tujuan dengan seseorang dapat membimbing Anda menuju perubahan, bahkan jika Anda tidak menyelesaikan semuanya dalam jangka waktu satu tahun.

5. Belajar menjadi seorang yang spesifik. Proses menilai tindakan kecil yang dapat Anda ambil dalam waktu dekat, dan menikmati efek positif, dapat mengambil banyak tekanan dan membantu Anda mencapai tujuan-tujuan yang lebih besar.

6. Kenali diri sendiri. Perubahan nyata terjadi karena keinginan Anda sendiri, bukan karena orang lain menginginkannya.

7. Mengkaji lebih dalam isu-isu. Kadang-kadang ada masalah yang perlu diatasi sebelum orang dapat bergerak maju dengan perubahan yang mereka inginkan. Jika Anda berpikir bahwa ada isu yang lebih dalam mencegah Anda untuk berubah, berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental juga disarankan.

8. Jangan terlalu cemas. Memiliki daftar panjang resolusi tinggi dapat membuat kecemasan, lebih baik memilih tiga sampai lima saja. Menuliskan tujuan Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya adalah cara yang baik untuk mengalahkan kecemasan.

9. Menjadi orang yang fleksibel. Meski Anda harus spesifik tentang apa yang ingin Anda lakukan, kadang-kadang perlu memperluas visi Anda tentang apa yang sedang Anda coba capai. Memiliki visi yang lebih luas mengenai keberhasilan dapat membebaskan Anda untuk mengeksplorasi pilihan lain yang membantu tujuan utama.

10. Jaga mata Anda. Mengubah perilaku ini sangat sulit. Ketahuilah bahwa akan ada beberapa kecemasan, tetapi bersabarlah dengan diri Anda sendiri. Ambil satu insiden pada satu waktu, satu hari pada satu waktu. Anda harus berurusan dengan beberapa konsekuensi negatif ketika Anda mengubah, baik internal dan interpersonal, dan lingkungan.
Share:

0 comments:

Post a Comment